Kenali Lebih Lanjut Kanker Payudara Pada Wanita Muda

Kenali Lebih Lanjut Kanker Payudara Pada Wanita Muda
Kanker payudara memang umumnya terjadi pada wanita usia diatas 40 tahun.  Namun bagi anda yang belum berusia 40 tahun, bukan berarti akan terbebas dari penyakit ini. Memang presentase wanita usia muda yang terkena kanker payudara tidak terlalu besar yakni sekitar 7% saja. Tapi alangkah lebih baik apabila kaum muda dapat mendeteksi gejala timbulnya kanker payudara. Dibawah ini akan kami sajikan informasi seputar kanker payudara pada usia muda secara lengkap.
Kenali lebih lanjut kanker payudara pada wanita muda
·        Beberapa faktor wanita muda beresiko terkena penyakit kanker payudara
~       Memiliki riwayat keluarga kanker payudara, terutama pada ibu, anak atau saudara perempuan
~       Memiliki riwayat pribadi kanker payudara dan beberapa penyakit payudara non kanker
~       Pernah melakukan terapi radiasi di dada sebelum usia 40
~       Memiliki cacat genetik tertentu (BRCA1/BRCA2 mutasi), resiko lebih besar untuk mengidap kanker payudara dapat diperoleh dari wanita yang membawa cacat pada salah satu gen tersebut.
~       Faktor lainnya termasuk konsumsi alkohol berlebihan, perokok aktif, asupan daging merah yang tinggi, payudara padat, kelebihan berat badan dan etnis

·        Perbedaan kanker payudara pada wanita muda
Akan lebih sulit tentuntnya untuk melakukan diagnose pada wanita muda (dibawah usia 40 tahun). Sebab jaringan payudara mereka umumnya lebih padat dari jaringan payudara wanita usia lanjut.  Pada kasus kanker payudara usia muda lebih bersifat lebih agresif dan kebal terhadap pengobatan. Kanker payudara yang terjadi pada usia muda lebih mudah untuk mengalami mutasi dari gen BRCA1 atau BRCA2.
Masih banyaknya wanita usia muda yang mengabaikan tanda-tanda seperti benjolan payudara dan munculnya cairan dari payudara yang bukan air susu, karena mereka meyakini bahwa mereka tidak akan terkena kanker payudara di usia muda.

·        Melakukan Pemeriksaan Dini
Salah satu pemeriksaan kanker payudara adalah mammogram regular. Namun pemeriksaan ini tidak dianjurkan bagi wanita dibawah usia 40 tahun sebab jaringan payudara cenderung lebih padat yang membuat mammogram kurang efektif sebagai alat skrining. Pemeriksaan ini dapat direkomendasikan pada wanita muda yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara dan faktor resiko lainnya. Alternatif tepat yang dapat dilakukan untuk melakukan pemerikaan adalah menggunakan mamografi digital. Pada pemeriksaan ini dapat mendeteksi kelainan pada jaringan payudara yang padat

·        Pengobatan terbaik kanker payudara bagi wanita usia muda
Pengobatan dengan cara operasi, baik lumpectomy, yang melibatkan pengangkatan benjolan dan beberapa jaringan disekitarnya atau masektomi atau pengangkatan payudara. Selain itu terapi radiasi yang umumnya digunakan setelah melakukan operasi dan kemoterapi, serta terapi hormon yang dianjurkan setelah operasi. Terapi ini berfungsi untuk membantu menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa dan mencegahnya datang kembali.
Demikianlah sajian lengkap kami tentang Kenali lebih lanjut kanker payudara pada wanita muda. Semoga artikel yang kami sajikan dapat memberikan pengetahuan lebih seputar kesehatan payudara anda.



Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kenali Lebih Lanjut Kanker Payudara Pada Wanita Muda"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By Kuncidunia